Senin, 20 Februari 2012

Mau ke Rinjani? Begini Caranya

 




Gunung Rinjani, salah satu gunung yang Saya impikan untuk didaki. Keinginan ini sudah lama Saya pendam dan rencananya pertengahan tahun ini akan Saya realisasikan bersama beberapa teman sependakian. Namun, banyak teman-teman bertanya berapa biaya yang dihabiskan untuk bisa sampai ke sana. Jawabannya adalah relatif, mau mahal atau murah. Yang mahal bisa di atas 500ribu, yang murah bisa di bawah 500ribu. Absolutely, pilihannya adalah yang murah.

Sekilas Gunung Rinjani
Gunung Rinjani memiliki ketinggian 3.726 mdpl yang berlokasi di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung Rinjani merupakan Gunung tertinggi ketiga di Indonesia dan paling favorit dikalangan para pendaki. Gunung ini termasuk bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani yang luasnya 41.330 ha. Suhu rata-rata sekitar 20 derajat, terendah mencapai 12 derajat celcius. Waktu pendakian paling baik antara bulan Juni - September.

Ada tiga jalur yang bisa di gunakan para pendaki Rinjani, yaitu jalur Senaru, jalur Sembalun, dan jalur Torean. Jalur Senaru adalah jalur yang paling umum digunakan dan bisa menghabiskan waktu 10-12 jam untuk mencapai puncak. Jalur Senaru juga jalur yang ramai. Jalur ini didominasi padang savana di awal perjalanan dan menghabiskan waktu 9-10 jam untuk mencapai puncak. Sedangkan Torean merupakan jalur yang jarang digunakan. Kemiringan jalur ini berkisar 20-45 derajat. Biasanya pendaki memulai perjalanan dari Sembalun dan berakhir di Senaru.

How To Go There?
Untuk bisa pergi ke Gunung Rinjani bisa menggunakan moda transportasi darat atau udara. Namun, bagi penggemar wisata murah disarankan menggunakan jalur darat. Menggunakan jalur darat berarti harus siap repot. Ya, karena jika lewat darat, kita harus berganti transportasi beberapa kali mulai dari kereta api, kapal, bis, kapal lagi, dan bis lagi barulah sampai tempat tujuan.


Berangkat dari Solo, Anda harus menggunakan KA Sritanjung jurusan Banyuwangi. KA berangkat dari Jogja jam 07.45 dan akan tiba di Solo jam 08.45. Waktu tempuh KA menuju Banyuwangi sekitar 15 jam. Jadi, pintar2lah memanfaatkan waktu untuk menghilangkan bosan di perjalanan. Sebaiknya membeli tiket beberapa hari sebelum keberangkatan.


Setibanya di Banyuwangi, Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju pelabuhan. Jaraknya tidak jauh, hanya 15 menit perjalanan kaki. Berhubung waktu tiba sudah malam, sebaiknya Anda menginap di stasiun dan menyeberang selat pada waktu subuh.


Penyeberangan Selat Bali memakan waktu sekitar 1 jam. Setelah sampai di Pelabuhan Gilimanuk, akan ada pemeriksaan identitas oleh petugas pelabuhan. Untuk meneruskan perjalanan, Anda bisa mencari bis tujuan Terminal Ubung kemudian pindah transportasi menuju Pelabuhan Padang Bai. Biasanya di pelabuhan banyak mobil angkutan sudah mengantri. Kalau tidak mau repot pindah transportasi, bisa iuran untuk menyewa mobil yang akan mengantar langsung ke Padang Bai.


Waktu penyeberangan ke Lombok terhitung cukup lama, sekitar 4 - 5 jam. Tapi Anda tidak perlu khawatir, sebelum meninggalkan Bali terlalu jauh, pemandangannya cukup bagus. Begitu juga waktu akan merapat di Lombok. Sampai di Lombok, Anda harus berganti transportasi beberapa kali untuk bisa tiba di Sembalun. Lanjutkan perjalanan dari Lembar menuju Mataram menggunakan bis. Di terminal Mataram pindah transportasi lagi tujuan Aikmel, dan sekali lagi pindah angkot tujuan Sembalun Lawang. Transportasi ke Sembalun Lawang hanya sampai jam 12.00 WITA.


Akhirnya Anda tiba di Pintu Gerbang pendakian Sembalun. Sebaiknya bermalam sehari sebelum melakukan pendakian, mengingat jauhnya perjalanan Jawa - Bali - Lombok. Nah, silakan mengurus registrasi sebelum mendaki. Selamat mendaki..!! 


Berangkat dari Solo:

  • KA Sritanjung jurusan Yogyakarta - Banyuwangi, berangkat 07.45 - tiba 22.00 WIB. Tiket Rp 90.000
  • Kapal feri Ketapang - Gilimanuk, Rp 6.500
  • Gilimanuk - Terminal Ubung, Rp 30.000
  • Terminal Ubung - Padang Bai, Rp 35.000
  • Kapal feri Padang Bai - Lembar, Rp 36.000
  • Angkot Lembar - Mataram, Rp 15.000
  • Mataram - Aikmel, Rp 20.000
  • Aikmel - Sembalun Lawang, Rp 20.000
Total pengeluaran untuk transportasi adalah Rp 252.500


How to Back?
Jika sudah puas menghabiskan waktu di Rinjani, waktunya memikirkan cara pulang ke Solo. Jika turun melalui jalur Senaru, ongkos menuju Mataram sedikit lebih mahal dibandingkan Mataram ke Sembalun. Tidak terlalu jauh memang, hanya terpaut Rp 10.000. Dari Senaru, Anda bisa menggunakan ojek tujuan Pasar Bayan lalu ganti bis tujuan Mataram.


Dari Mataram menuju ke Solo, caranya sama dengan waktu berangkat. Menyeberang Selat Lombok, lalu melintasi daratan Bali, di lanjutkan menyeberang selat Bali dan akhirnya sampai lagi di Banyuwangi. KA Sritanjung tujuan Solo berangkat dari Banyuwangi jam 06.00 WIB. Jadi, jika kesiangan tiba di Banyuwangi disarankan untuk menikmati suasana Banyuwangi.


Pulang ke Solo:

  • Ojek Senaru - Ps. Bayan, Rp 20.000
  • Bis Ps. Bayan - Mataram, Rp 30.000
  • Angkot Mataram - Pelabuhan Lembar, Rp 15.000
  • Kapal feri Lembar - Padang Bai, Rp 36.000
  • Bis Padang Bai - Terminal Ubung, Rp 35.000
  • Bis Terminal Ubung - Pelabuhan Gilimanuk, Rp 30.000
  • Kapal feri Gilimanuk - Ketapang, Rp 6.500
  • KA Sritanjung jurusan Banyuwangi - Yogyakarta, berangkat 06.00 - tiba 21.00 WIB. Tiket Rp 90.000
Total pengeluaran untuk transportasi adalah Rp 262.500


Jadi, perhitungan biaya pergi dan pulang Solo - Rinjani - Solo sebesar Rp 510.000. Memang benar biaya kali ini (setelah BBM naik) menjadi 40% lebih tinggi dari perhitungan sebelumnya.
 

Sekian dulu untuk postingan kali ini. Jika pembaca memiliki cara lain (yang lebih murah tentunya), silakan membagikan pengalamannya di sini. Jangan lupa untuk jadi member kita ya..

Sedikit Tips:
Jika punya saudara atau kenalan di Lombok, bisa menghemat ongkos sebesar 30% dari total pengeluaran. (soalnya bisa dianterin. ckck...)

NB:
estimasi ini adalah perjalanan langsung menuju lokasi, yaitu gunung Rinjani. Namun jika anda ingin menikmati eksotisnya pulau Bali terlebih dahulu, itu pilihan, dan tentunya biaya dan lama perjalanan setelahnya adalah kebijakan anda sendiri. ^^







8 komentar:

Om, boleh tau ini perjalanan berapa hari??

mantaph nih.
btw solonya mana nih?

malam gan...mau tanya beri alamat anda ga atau nomer telepon...
mau tanya tentang gunung rinjani...
trimakasih juga atas infonya...

Hi...thanks.informasi sgt menarik. Saya mahu tanya adakah untuk mendaki rinjani perlu agent ? Adakah agent yang murah? Saya dari malaysia.

Sila reply di nutdeya@gmail.com

Salam kenalan ya.. =)

bagus ni informasi... makasih Gan...

gan, ni estimasi dana tahun kapan> berlaku untuk skrg tdak, trims gan..

oke, maaf sebelumnya lama gak nongol.. ^^
terimakasih juga untuk setiap pertanyaannya,
sedikit tambahan untuk info mengenai bagaimana ke Rinjani pastinya, postingan di atas sudah saya update dari segi segi perhitungan biaya transportasi setelah kenaikan BBM tentunya (mulai juni 2013), monggo di check.
total waktu yang kita habiskan untuk perjalanan ini adalah paling cepat 1 minggu.
terima kasih..

Poskan Komentar